Rabu, 02 Januari 2013

Sejarah Nokia Dari Abad Ke Abad



Sejarah Nokia dari abad ke abad-memang menjadi sesuatu hal yang menarik untuk dibahas, karena perusahaan yang satu ini terukir dari sebuah pabrik pulp kayu yang didirikan oleh Fredrik Idestam dalam sebuah kisah perjalanan yang begitu panjang.

Sejarah Nokia menjadi sejarah yang mungkin begitu fenomenal di hati masyarakat Indonesia, karena Nokia menjadi salah satu perusahaan ponsel yang berhasil mengambil hati masyarakat Indonesia untuk menggunakan produknya hingga sekarang. Tentu saja hal tersebut dibarengi dengan keterjangkauan harga yang ditawarkan oleh Nokia serta keberagaman ponselnya sendiri.

Jika pada artikel sebelumnya Paseban telah membahas sejarah Nokia pada abad pertama kemunculannya, maka kali ini Paseban akan membahas secara men-detail mengenai kiprah Nokia setelah terjun ke dunia mobile

Berpindahnya ke Bidang Mobile

Perpindahannya Nokia ke bidang mobile kira-kira sekitar tahun 1979, Mobira Oy sebagai pembuat telepon pertama, mulai bekerjasama dengan Nokia dan Finnish Television Salora. Revolusi Ponsel dimulai pada tahun 1981 dengan diluncurkannya layanan Nordic Mobile
 Telephone (NMT).

Industri telepon mulai berkembang pesat hingga akhirnya Nokia memperkenalkan first car phones portable pada tahun 1986. Pada tanggal 1 Juli 1991, Perdana Menteri Finlandia, Harri Holkeri meciptakan teknologi panggilan pertama dalam dunia GSM menggunakan peralatan milik Nokia. Lalu sekitar tahun 1992, Nokia meluncurkan telepon genggam GSM digital pertama yaitu Nokia 1011.

Masih pada tahun yang sama, Presiden baru dan CEO Nokia Jorma Ollila membuat keputusan strategis yang penting yaitu memutuskan untuk fokus secara eksklusif pada manufaktur ponsel dan sistem telekomunikasi. Pabrik karet Nokia, kabel dan consumer electronics divisions pun secara bertahap dijual.

Setelah focus di dunia manufaktur ponsel dan sistem telekomunikasi, Nokia mulai meluncurkan handset GSM pertama yang kemudian memperkenalkan dan saah satu produk Nokia yang bernama Nokia Tune pada dua tahun berikunta, 1994. Selama tahun tersebut, satelit pertama di dunia dibuat menggunakan handset GSM Nokia. Sedangkan pada tahun 1997 yang paing terkenal dalam dunia permainan mobile adalah Snake yang disajikan dalam Nokia 6110.

Setelah itu, pada tahun 1998 perusahaan Nokia menjadi pemimpin dunia dalam bidang ponsel. Sesuai dengan kesepakatan yang terjadi dalam berbagai penelitiannya, Nokia meluncurkan telepon mobile pertama yaitu Nokia 7110 yang telah mendukung WAP.

Nokia saat ini

Saat ini, Nokia telah menciptakan berbagai macam ponsel dengan fungsi yang berbeda-beda. Perusahaan Nokia juga telah memastikan dalam hal diversifikasi dan segmentasi dari setiap produknya. Nokia selalu mendorong perusahaan mereka untuk selalu terdepan dalam hal research.

Pada tahun 1999, Nokia meluncurkan Nokia 7110, sebuah ponsel yang memiliki kemampuan dasar berbasis fungsi web termasuk email. Sekitar bulan November 2001, Nokia meluncurkan ponsel pertama yang telah built-in kamera, lalu Nokia 7650 dan Nokia 3650

Selama bertahun-tahun, Nokia telah bekerja untuk membuat praktek bisnis dan produknya yang memiliki tanggung jawab sosial dengan menciptakan handset ramah lingkungan dan membangun skema ponsel daur ulang untuk membawa manfaat mobilitas ke pasar negara berkembang. Nokia pun kini menghadapi tantangan dari berbagai kalangan dan belahan dunia, terutama oleh iOS dan Android. Dilatar belakangi oleh hal inilah pada bulan September 2010, Nokia menunjuk Stephen Elop sebagai Presiden dan CEO yang juga merupakan mantan kepala divisi bisnis Microsoft, berikut peran di Juniper Networks dan Adobe Systems Inc. Seorang Elop ini memiliki latar belakang pengetahuan software yang kuat dan terbukti memiliki kemampuan dalam memberikan adanya perubahan dalam manajemen.

Pada bulan Februari 2011, Nokia mengumumkan bergabungnya Nokia dengan Microsoft untuk memperkuat posisinya di pasar smartphone. Kemitraan strategis ini melihat smartphone Nokia mengadopsi sistem operasi baru Windows 7 yang ber-platform Tujuannya adalah untuk membangun ekosistem ketiga untuk saingan Nokia, iOS saingan dan Android. Dengan bergabungnya Nokia dan Microsoft, Nokia meluncurkan smartphone Nokia yang pertama yang menggunakan Windows Phone, yaitu Nokia Lumia 800dan Nokia Lumia 710 pada bulan Oktober 2011 lalu. [MG]

Read more: http://nestha-pico.blogspot.com/2012/10/sejarah-nokia-dari-abad-ke-abad.html#ixzz2Gq1d9OGm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar