Minggu, 04 November 2012

Tata Cara Penulisan di Blog


            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah berita,cerita,atau bahkan karangan dalam blog. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:
1.  Baiknya anda memiliki Topik tulisan terlebih dahulu, agar anda tidak kebingungan dalam menulis.
2.  Setelah memiliki topik, kemudian lakukanlah pencarian data utntuk topic tersebut. Data itu bias diperoleh dari beberapa cara, bisa observasi, dari berita, mencatat, bahkan wawancara.

3. Dalam tulisan haruslah anda menggunakan kata-kata yang baku (sesuai kaidah-kaidah menulis dalam pelajaran bahasa Indonesia).

4.  Dalam tulisan tidak mengandung unsur-unsur pornografi, kriminal dan lain-lain. Karena didalam situs internet siapa saja, dan dimana saja orang bisa membukanya. Apalagi di zaman sekarang seperti ini anak kecil sekalipun sudah bisa membuka internet jadi tidak pantas rasanya jika didalam tulisan kita terdapat hal-hal yang negativ seperti yang penulis sampaikan diatas and melanggar norma-norma yang berlaku dinegara kita ini.

5.  Didalam tulisan tidak menulis kata-kata yang bertele-tele (maksudnya terlalu rumit atau panjang) karena biasanya pembaca akan5. malas membacanya.
Janganlah membuat tulisan yang berisi sindiran atau ejekan kepada orang atau apapun karena jika orang itu membaca dan tidak menyukainya maka anda sendiri yang akan mendapat sanksinya.

6.  Biasakan menulis yang Original(asli) hasil pemikiran sendiri walaupun tulisannya kurang seru ga apa-apa. Dari pada menyontek tulisan orang lain yah klo dikit sech ga apa-apa tapi jangan ampe semuanya Cuma tinggal COPAS(copy paste) saja. Nanti malah dibialng Plagiat lho, terus ntar malah dimarahin penulis aslinya dah.

Itu adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan dalam blog. Agar mudah di mengerti dan dapat diterima. Untuk tambahannya jika ingin blogmu di kunjungi, buatlah topik yang menarik perhatian. Karena blog dengan judul yang menarik akan banyak di kunjungi oleh orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar